Tips Menabung Mudah dan Menarik

Senin, 30 September 2019


Assalamualaikum Wr.Wb semuaa!!!!

Seneng banget ya kali ini aku bisa share blog pertama aku haha. Seperti yang sudah kalian lihat di judul, blog pertama ini aku mau membahas tentang tips menabung bagi mahasiswa / mahasiswi, khususnya bagi kalian yang merantau lohhh😁



Mungkin sebagian orang sudah bisa mengatur keuangannya sendiri, tapi banyak juga loh dari kita (mahasiswa) yang masih kesusahan untuk hal tersebut. Apalagi untuk anak rantau😭 

Kebanyakan dari kalian mungkin ada yang mengandalkan usaha untuk menambah pendapatan atau yaa bisa kitsa sebut duit jajan. Tapi, ada banyak juga yang hanya mengandalkan uang kiriman dari orang tua. Apalagi kalo tanggal tua, suka harap – harap cemas nih sama keadaan keuangannya? Haha. Karena tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa pada dasarnya kita sebagai mahasiswa juga memiliki beberapa kebutuhan penting loh yang gak jarang juga kita harus mengeluarkan uang. Kaya misalnya, print tugas, fotokopi, beli buku, dan masih ada beberapa kebutuhan lainnya. 

Kita sebagai mahasiswa, apalagi yang merantau dan jauh dari orang tua, pastinya uang kiriman dari orang tua harus kita hemat sebisa mungkin. Nah, kita bisa loh mengalokasikan income atau uang kiriman orang tua tersebut untuk tabungan. Bahkan, jika kita sudah biasa menerapkan menabung, maka ketika kita sudah memasuki dunia pekerjaan, kita bisa lebih mudah mengatur keuangan yang dimiliki nantinya.

Berikut ini adalah tips – tips menabung ala aku😁

1. Mempunyai Niat dan Komitmen

Salah satu hal penting yang kita lakukan sebelum menabung, kita harus memiliki niat yang kuat. Misalnya, kita mempunyai alas an kenapa kita menabung. Mungkin bisa karena kita ingin membeli barang, untuk main atau pergi pas liburan, atau mungkin untuk keadaan tertentu, dan masih banyak alasan lainnya. Nah, alasan tersebut yang akan menimbulkan niat didalam diri kita untuk menabung. Selain itu, kita juga harus memiliki komitmen, Komitmen yang dimaksud, kalian harus bersungguh – sungguh untuk menabung. Ketika kalian merasa ingin mengeluarkan duit untuk hal yang tidak penting, jika kalian niat dan sudah berkomitmen untuk menabung, kalian pasti akan tetap memilih untuk menabung atau bahkan kalian tidak akan mudah terpengaruh hal lain untuk mengeluarkan duit secara cuma – cuma.

2. Analisis Pengeluaran

Ketika kita dapat kiriman uang dari orang tua atau kalian dapat pemasukan dari hasil usaha kalin, langkah selanjutnya kalian harus membuat skala prioritas kebutuhan. Kebutuhan itu dari yang emang harus dipenuhi untuk bertahan hidup (makan dan minum), hingga kebutuhan lainnya seperti jajan yang kalian butuhkan. Untuk mengukur skala prioritas kebutuhan pokok seperti makan dan minum, kita dapat membuat pengeluaran kita juga tidak terlalu besar. Seperti, kita menyediakan makanan yang bisa tahan lama, atau kita bisa beli makan yang sekiranya pas di kantong, tapi boleh juga sekali kali kalian jajan, asal jangan sampe bablas yaa:D

Skala prioritas tersebut dapat dijadikan sebagai dasar untuk menghitung berapa yang akan kalian tabung. Analisis ini berguna agar kita bisa mengurangi kebutuhan yang tidak penting, sehingga kita bisa dapat lebih mengontrol keuangan.

3. Segera Pisahkan Uang yang Akan Dipakai dan Ditabung

Hal terpenting setelah kita mengetahui berapa yang akan kita tabung, kita harus memisahkan duit tabungan tersebut dari dompet kita. Banyak wadah untuk menyimpan uang tabungan kita, seperti di bank atau bahkan di celengan biasa. Saran ku lebih baik menabung di celengan biasa. Karena dengan wadah seperti itu, ketika ingin memakai duit tabungan tersebut, sulit untuk membukanya jadi biasanya bakal males duluan buat pakai uangnya haha. Tapi, semua balik lagi ke diri kita masing – masing. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, ketika kita sudah mempunyai niat dan komitmen yang kuat, maka kita akan terhindar dari godaan – godaan untuk jajan (mengeluarkan duit untuk hal yang tidak penting).

4    4. Mencoba Menabung Setiap Harinya, Walaupun Dengan Nominal yang Sedikit

Kita menabung bukan hanya sebulan sekali, tapi kita juga harus membiasakan menabung setiap harinya meskipun dengan nominal yang sedikit.  Hal tersebut dapat terus kita perbesar nominalnya setiap harinya. Misalnya, hari ini kita nabung Rp.1000, hari berikutnya kita bisa menabung sebesar Rp.3000.
Sebenarnya bisa saja kita menabung dengan nominal yang sama setiap harinya. Namun jika ingin mendapatkan nominal yang lebih besar, maka cara seperti sangat membantu kita dalam menabung untuk mencapatkan hasil yang yang lebih banyak.

5    5. Lakukan dengan Rutin dan Sabar

Ketika sudah melakukan langkah – langkah sebelumnya, hal terakhir yang dapat dilakukan yaitu kita harus membiasakan menabung secara rutin dan sabar. Jangan menyerah ketika melakukan usaha menabung, Percaya, setiap usaha tidak akan yang penah sia – sia. Karena usaha tidak akan mengkhianati hasil. Semangat teman – teman!!

Selamat mencoba tips ini ya teman – teman. Semoga blog ini bisa bermanfaat dan membantu kalian dalam menabung. Kalau kalian mau share pengalaman atau cara menabung kalian juga boleh banget, tulis di kolom komentar yaa. Saran dan kritik juga dengan senang hati akan aku terima supaya blog ini bisa menjadi lebih baik lagi.

22 komentar:

  1. Tips nya bagus. Harus dicoba nih buat saya yg boros

    BalasHapus
  2. wahh sangat membantuu terimakasihh

    BalasHapus
  3. Wah bagus nih buat belajar menabung

    BalasHapus
  4. saya jadi semakin termotivasi utk menabung nih, kebetulan juga saya lgi mau beli celana dalam baru👍

    BalasHapus
  5. Pas banget aku mau nabung buat nikah

    BalasHapus
  6. makasih kak infonya.. semoga ada uang untuk nabung

    BalasHapus
  7. wah aku share ke pasangan aku ah biar bisa jd modal nikah

    BalasHapus
  8. bagus bgt nih nabung buat di masa depan

    BalasHapus
  9. MAKASIH KAK TIPSSSNYAAAA AKU JADI NIAT UNTUK MENABUNG LAGIII

    BalasHapus
  10. Boleh dicoba ini. Biar cepat kaya aku hehe

    BalasHapus
  11. sekarang harus berpikir bagaimana mencari uangnya dengan banyak agar bisa menerapkan tips ini

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Bikin tips lagi melipat gandakan uang yang ditabung

    BalasHapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS